Selasa, 15 Mei 2012

Tirulah Semangat Bangsa Jepang from vivanews.com / efriyaldi.blogspot.com

Jepang memang layak dijadikan teladan dalam usaha menggapai keberhasilan dengan sumberdaya yang terbatas. Bahkan kondisi alam yang selalu digoyang gempa tidak membuat mereka hengkang dari negerinya.

Mereka terus bangkit dari keterpurukan dengan semangat 'Ganbatte Kudasai' yang membuat mereka tidak berhenti berjuang sampai cita-cita diraih, impian terwujud, dan tujuan tercapai.

Semangat motiviasi ini pula yang membuat mereka punya nyali menaklukkan dunia sehingga Indonesia pernah berada di bawh kekuasaannya. Amerika yang pernah berperang dengan mereka kini takluk dengan perang ekonomi yang dilancarkan Jepang.

Industri otomotif mereka merajai dunia, baik motor maupun mobil. Hampir di semua negara, nama-nama kendaraan Jepang berlalu lalang. Mereka mampu menciptakan produk murah, berkualitas, mengalahkan produk Amerika.

Ganbatte yang artinya lakukan sebaik mungkin, jangan menyerah, atau berikan usaha terbaik.

Ganbatte kudasai sering dikatakan orang Jepang jika mau berpisah atau saat mengerjakan sesuatu. Ganbatte sendiri berasal dari kata ganbaru. Dalam pergaulan sehari-hari khususnya pada teman dekat, banyak diucapkan ganbare.

Filosofi ganbatte sangat dahsyat, ia sudah turun temurun sejak ratusan tahun silam. Ganbarru sendiri berarti berusaha keras pada tugas sampai tugas itu selesai. Dengan kata lain, berusaha keraslah hingga mencapai sukses.

Sejak kecil, anak-anak di Jepang sudah diajarkan filosofi ganbaru. Kalau mengikuti lomba, mereka saling berkata ganbaru. Begitu juga mau mengikuti ujian, mereka mengatakan ganbaru. Hampir selurug lini kehidupan mempopulerkan kata ganbaru, agar semua berjalan sesuai dengan target yang direncanakan.

Buku berjudul Ganbatte ini layak Anda baca dan simak semangat perubahan di dalamnya. Mudah-mudahan semangat bangsa Jepang dalam meraih cita-cita ikut menular pula.

Tidak tertutup kemungkinan semangat kejayaan dalam diri bangsa Jepang akan ikut menular. Jepang saat ini masih bercokol sebagai raksasa Asia bahkan dunia. Perekonomian mereka maju pesat bahkan bisa mengalahkan Amerika.

Setiap kali dihadang bencana, Jepang selalu bangkit. Kebocoran reaktor nuklir juga tak membuat mereka berdiam diri dan meninggalkan nuklir, sampai sekarang mereka masih menggunakannya sebagai sumber energi utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar