Selasa, 10 April 2012

Buku Pelajaran Jepang Pasang Foto Artis from Okezone.com

TOKYO - Buku pelajaran di Jepang mengalami perubahan mengikuti tren terbaru. Kini, penerbit buku pelajaran sekolah menengah atas di Negeri Matahari Terbit itu memasukkan idola remaja hingga bahasa gaul ke dalam materi tulisan.

Penerbit menyatakan, pada musim semi mendatang, topik kasual akan lebih sering digunakan dalam buku pelajaran bahasa Inggris dibandingkan mata pelajaran lain lainnya.

Beberapa buku teks bahasa Inggris akan menampilkan kalimat yang biasa digunakan dalam surat elektronik atau blog. Misalnya, “Saya ingin ponsel yang secara otomatis menghapus junk mail,” sementara yang lain menggunakan kata gaul di internet seperti “gr8” untuk “great”.

“Bahkan anak-anak yang tidak fasih bahasa Inggris akan menemukan materi menarik jika kata-kata yang akrab, digunakan,” kata salah satu editor pembuat buku pelajaran.

Satu penerbit mengganti foto seorang atlet dalam buku teks bahasa Inggris dengan foto pemain sepak bola perempuan nasional, Homare Sawa, yang menjuarai Piala Dunia tahun lalu.

Sementara buku sejarah Jepang memasukkan foto pemain skateboard yang memenangi kompetisi internasional, Kanako Murakami. Demikian seperti dikutip dari Yomiuri Shimbun, Kamis (29/3/2012).

Tidak hanya atlet, selebriti juga masuk buku pelajaran. Buku musik memasukkan lembaran musik lagu populer J-pop, “Arigatou” milik Ikimono-gakari’s dan grup idola Arashi, “Beautiful Days”.

Grup laris di Jepang, AKB48 juga masuk buku. Simbol budaya bangsa dari "kawaii” atau keimutan, digunakan dalam buku teks bahasa Inggris yang menampilkan foto dari kelompok ini saat menggelar konser di Prancis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar